Seluk-beluk Dunia Digital Marketing serta Pengaruhnya Terhadap Bisnis

Penggunaan digital marketing sebagai salah satu strategi pemasaran yang efektif menarik hati pelanggan sebenarnya bukanlah hal baru dalam dunia bisnis.

Strategi ini bahkan sudah muncul saat internet berkembang pesat untuk digunakan secara umum, meskipun pada saat itu masihlah terbatas.

Namun kini berbeda cerita. Penggunaan strategi digital marketing kian meluas sehingga mendisrupsi beberapa strategi marketing konvensional yang terkesan sudah tidak efektif lagi.

Hal ini memicu peluang serta ancaman khususnya dalam berbisnis, di mana bagi mereka yang mampu memaksimalkan peran digital marketing, maka merekalah yang akan mendominasi pasar dan juga hati pelanggan.

Kenyataannya, pasar dan dunia bisnis saat ini memang sebagian besar telah didominasi oleh para pemain besar yang “telah dulu terjun” memanfaatkan digital marketing. Lalu pertanyaannya:

“Apakah bisnis saya masih punya kesempatan?”
“Jikalau ada, apa yang harus saya lakukan?”
“Berapa harga yang harus saya bayarkan untuk sebuah jasa digital marketing?”
“Manakah yang harus saya gunakan, konsultan digital marketing atau agensi digital marketing?”

Apapun jawaban dari pertanyaan Anda, yang pasti apabila Anda berpikir jauh ke depan mengejar pertumbuhan bisnis melalui digital marketing, maka yang harus Anda lakukan ada dua, yaitu:

  1. Meningkatkan kapabilitas tim di bidang digital marketing, dan
  2. Fokus Mengembangkan Strategi Digital Marketing yang tepat

Khusus untuk poin ke-2, kita akan bahas bagaimana Anda dan juga tim dapat fokus mengembangkan strategi digital marketing yang tepat bersama digital marketing consultant.

Pentingkah Peran Konsultan Digital Marketing bagi Bisnis?

Berangkat dari latar belakang yang telah dijelaskan di atas, tentu setiap bisnis harus mampu beradaptasi terhadap perubahan yang ada. Namun sayangnya, tidak semua bisnis siap mengadopsi digital marketing dalam waktu singkat.

Karena alasan struktur organisasinya yang sulit untuk melakukan transformasi, sumber daya dan fasilitas yang belum mendukung, atau kecakapan tim yang belum mumpuni.

Hal ini membawa kita untuk lebih memahami konteks, “Lalu, apa sih pekerjaan seorang konsultan digital marketing?”

Kesimpulannya, pekerjaan konsultan digital marketing adalah mengarahkan bisnis agar tidak salah arah dalam mengeksekusi strategi marketing yang dibuat melalui analisis