Apa Itu Pemasaran Digital? Jenis, Strategi & Praktik Terbaik
Apa Itu Pemasaran Digital?, Untuk hasil yang optimal, Anda harus memahami taktik digital marketing mana yang paling cocok untuk audiens target Anda. Posting ini menawarkan pandangan mendalam tentang strategi digital marketing paling efektif dan praktik terbaik untuk mencapai tujuan bisnis Anda.
Apa Itu Digital Marketing ?
Pemasaran online atau pemasaran internet, digital marketing mengkomunikasikan pesan melalui saluran digital yang akses melalui perangkat elektronik, termasuk ponsel, komputer, dan tablet.
Online marketing dan pemasaran tradisional, seperti iklan cetak dan surat langsung, memiliki tujuan akhir yang sama: menghasilkan kesadaran produk dan memengaruhi keputusan pembelian untuk mendorong penjualan. Perbedaan utama antara pemasaran tradisional dan online adalah online marketing menggunakan teknologi yang terhubung ke internet untuk berkomunikasi dan terlibat dengan audiens yang menjadi targetkan.
Peluncuran World Wide Web pada tahun 1989 membuka jalan bagi munculnya digital marketing . Perkembangan situs web bisnis, kemajuan teknologi email, dan pengenalan saluran sosial yang sangat populer telah memicu pertumbuhan pesat dalam digital marketing . Pemasaran online kini menjadi komponen kunci dalam rencana pemasaran sebagian besar bisnis. Meluasnya penggunaan teknologi digital, namun juga karena teknologi digital dapat memberikan hasil yang luar biasa.
Mengapa Pemasaran Digital Itu Penting
Bisnis harus menemukan cara efektif untuk menyebarkan informasi tentang produk dan layanan mereka. Konsumen menghadapi lebih banyak pilihan dari lebih banyak penyedia layanan, semuanya menuntut perhatian mereka. Menyebarkan konten menarik pada platform digital marketing adalah suatu cara untuk menonjol dari yang lain.
Alasan lain mengapa digital marketing sangat penting bagi bisnis adalah: ini adalah tempat berkumpulnya pelanggan ideal Anda. Menurut penelitian pakar di Statista, pada tahun 2023, terdapat 5,19 miliar pengguna internet dan 4,88 pengguna media sosial . Rata-rata, pengguna internet menghabiskan enam jam 40 menit untuk online setiap hari di seluruh dunia.
Audiens online yang sangat besar dan sangat terlibat ini menghadirkan peluang luar biasa bagi bisnis mereka. Online marketing menawarkan peluang yang hampir tiada habisnya. Yang ingin mendapatkan visibilitas atas barang dan jasa. Untuk terhubung dengan calon pelanggan dan merupakan komponen penting dari hampir setiap bauran pemasaran bisnis.