Apa Itu SEO? Cara Kerja, Jenis, dan Manfaatnya untuk Website

Apa Itu SEO?

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization, yakni serangkaian upaya untuk mengoptimalkan peringkat website di halaman hasil mesin pencari (Search Engine Result Page/SERP) seperti Google, Yahoo, dan Bing. Upaya yang dilakukan ini agar website mendapat ranking tertinggi dan lebih mudah pengguna untuk menemukannya.

Semakin tinggi peringkat di SERP, maka semakin tinggi pula visibilitas situs web. Artinya, dengan menerapkan SEO yang baik, website-mu berpeluang untuk muncul di halaman pertama hasil pencarian yang pada gilirannya dapat meningkatkan trafik atau jumlah pengunjung secara organik.

Inilah alasan mengapa website bisnis wajib memanfaatkan SEO dalam strategi pemasaran digital. Selain mendatangkan banyak trafik, penerapan SEO juga dapat meningkatkan penjualan produk atau layanan bisnis yang kita tawaekan. Survey dari Hubspot bahkan menyebut bahwa di tahun 2023, pemasar akan menginvestasikan uang paling banyak pada tiga hal; video pendek, influencer marketing, dan SEO.

Lalu, apakah optimasi mesin pencari itu berbayar? Penerapan optimasi mesin pencari tidak ada biaya apa pun alias gratis. Sebab, optimasi mesin pencari pada dasarnya merupakan praktik-praktik yang dapat kita lakukan sendiri, seperti pengoptimalan kata kunci, konten, tautan balik (backlink), dan sebagainya. Ini berbeda dengan Search Engine Marketing (SEM) yang melibatkan pembayaran untuk mengiklankan halaman di mesin pencari.

Apa itu SEO dan Cara Kerja SEO

Menurut Moz, cara kerja search engine optimization mencakup tiga tahapan utama dengan fungsi yang berbeda, yakni crawling, indexing, dan ranking. Supaya lebih paham, simak penjelasan masing-masing tahapannya di bawah ini.

Crawling – Mesin pencari seperti Google menggunakan program “web crawler” atau “spider bot” untuk merayapi halaman-halaman yang ada di internet. Program ini akan membantu Google menemukan, memahami, dan mengumpulkan informasi yang perlu untuk mengindeks halaman.
Indexing – Setelah tahap crawling selesai, informasi yang google kumpulkan selanjutnya penyimpanan dan penataannya masuk ke dalam database mesin pencari yang disebut indeks pencarian. Ini memungkinkan search engine mengakses dan mengambil informasi dengan cepat saat pengguna melakukan pencarian.
Ranking – Halaman yang sudah masuk ke dalam indeks pencarian selanjutnya akan tampil pada hasil penelusuran. Urutan peringkatnya berdasarkan relevansi, kualitas, dan kredibilitas konten/halaman.

Kalian perlu ingat, hanya Google-lah yang tahu persis bagaimana cara kerja algoritmanya, sehingga lama atau tidaknya hasil SEO tergantung pada strategi yang kamu terapkan. Namun, menurut WebFX, penerapan SEO ini bisa memakan waktu antara 3 sampai 6 bulan untuk mulai melihat hasilnya.