Audit Online Presence Anda Saat Ini

Audit Online, Apakah Anda pernah bertanya-tanya, mengapa audiens Anda tidak bisa menemukan Anda di mesin pencari seperti Google? Mengapa situs website Anda tidak memiliki trafik seperti yang Anda inginkan? Mengapa pesaing Anda muncul pada hasil pencarian untuk kata kunci yang Anda dambakan? Ini adalah beberapa pertanyaan bagus yang harus Anda jawab.

Anda perlu melakukan proses audit keberadaan online perusahaan Anda untuk mengetahui dimana letak Anda kurang berhasil. Jika Anda mengetahui dimana Anda kurang berhasil, Anda dapat menciptakan strategi lainnya untuk meningkatkan keberadaan online (online presence) bisnis Anda. Beberapa hal penting yang harus Anda audit contohnya adalah situs web Anda, kampanye marketing yang dilakukan secara online, profil sosial media, online direktori lokal, pemberitaan online mengenai bisnis Anda, review bisnis Anda di halaman review, hingga Google Business.

Website Audit Online

Anda perlu memeriksa apakah website Anda memiliki tampilan mobile-friendly? Apa maksudnya? Apakah website Anda tampilannya dapat penyesuaian secara otomatis bagi pengguna mobile phone pada saat akses? Apa tampilan mobilenya mengikuti ukuran desktop? Lalu periksa halaman utama atau homepage Anda dan halaman ‘tentang’ Anda untuk melihat apakah ada tag judul, teks gambar dan meta description?
Kampanye online
Apakah Anda pernah atau sedang melakukan kampanye pemasaran atau kampanye digital? Pemasaran dan kampanye digital juga harus menjadi bagian dari audit Anda. Setelah Anda mengetahui sasaran atau tujuan kampanye Anda sebelumnya, Anda dapat memeriksa apakah kampanye sudah mencapai sasaran dan tujuan Anda atau tidak. Jika setelah diperiksa bahwa kampanye tidak berhasil, Anda dapat memikirkan strategi digital marketing lainnya yang dapat Anda lakukan untuk mencapai tujuan.

Google Bisnisku 

Sudahkah Anda mendaftar di Google Bisnisku (Google My Business) untuk listing bisnis Anda? Jika belum, buat dulu ya. Google sejauh ini merupakan mesin pencari yang paling populer, itulah mengapa memiliki akun Google bisnisku adalah hal yang baik. Daftar ini berisi semua informasi penting tentang bisnis Anda, seperti jam operasi, detail kontak, dan tautan ke situs web, serta memberikan kesempatan bagi pelanggan untuk meninggalkan komentar di listing bisnis Anda tersebut.