Tips Beriklan Digital

Tips Beriklan Digital sebagai betikut

Memang terdapat banyak sekali cara untuk beriklan di platform digital yang bisa kamu pilih dan semuanya hampir sama efektifnya. Akan tetapi, agar hasil yang didapat maksimal, bukan berarti kamu bisa sembarang beriklan disana. Ada beberapa hal yang wajib diperhatikan, dianalisa, dan dipertimbangkan baik-baik. Berikut lebih lengkapnya

Kenali Calon Pelanggan
Tak kenal maka tak sayang. Untuk iklan yang tepat sasaran kamu diharuskan mengenali pelanggan atau audiens kamu sendiri. Cara ini bisa kamu capai dengan mencari informasi standar seperti :

Usia
Pendapatan
Pekerjaa
Industri
Pendidikan
Jenis kelamin
Dan lokasi geografis pelanggan yang kamu targetkan.
Selain itu, sertakan juga kriteria tambahan seperti tujuan, tantangan, dan keluhan (Pain point) yang mereka rasakan dan seperti apa produkmu akan memecahkan masalah dari keluhan tersebut.

Jangan menebak-nebak informasi yang kamu gunakan untuk disini. Lakukan riset yang cukup sehingga kamu mendapat hasil berdasarkan fakta.

Kenali Apa Yang Pelanggan Harapkan
Membuat profil pelanggan yang kamu incar hanyalah langkah pertama dalam merencanakan strategi periklanan yang tepat sasaran. Yang tidak kalah pentingnya adalah menentukan bagaimana pelanggan biasanya mempelajari jenis produk atau layanan kamu dan apa yang memotivasi mereka untuk membeli.
Tentukan Tujuan Iklan
Advertising atau beriklan diplatform digital merupakan poin penting agar produk lebih dikenal banyak orang.
Mulailah dengan menetapkan tujuan pemasaran tertentu dan dengan cara apa saja kamu dapat mencapai tujuan tersebut.

Tips Beriklan Digital Yaitu Menentukan Platform Yang Tepat

Tempat yang tepat untuk mengiklankan satu produk atau jasa belum tentu merupakan tempat yang tepat untuk mengiklankan produk atau jasa yang lain.

Misalkan jika mengiklankan produk baju efektif di Instagram, belum tentu jika kamu mengiklankan jasa pembuatan website akan sama efektifnya disana. Kenali kembali platform mana yang tepat untuk mengiklankan produk atau jasa yang dijual.
Memperkirakan Budget
Iklan atau promosi pasti membutuhkan budget tertentu untuk mengiklankan produk kepada konsumen. Disini tergantung budget kamu karena setiap jenis media memiliki harga yang berbeda-beda.

Sebagai contoh, jika kamu pemilik perusahaan besar dengan budget ratusan hingga milyaran rupiah untuk iklan, nasional maka menggunakan TV sebagai media iklan pastinya sangat efektif.

Sebaliknya, jika kamu hanya memiliki modal ratusan ribu atau jutaan, iklan di internet atau koran yang sesuai dengan segmen pasar tertentu, maka hal ini bisa dikatakan efektif.

Membuat Materi Iklan
Disini menjadi penting karena berhubungan dengan media apa yang akan Anda gunakan. Tentu, hal ini berkaitan dengan materi iklan kamu. Jika materi iklanmu hanya sebatas text atau tulisan, maka bisa dengan media cetak baik offline maupun online. Ini akan lebih mengena dan lebih hemat dari sisi biaya.

Namun, jika materi iklan berbentuk video dan audio, bisa saja beriklan di TV atau di situs video online seperti YouTube untuk mengenalkan pasar ke yang lebih luas.

Sebaliknya, jika kamu menggunakan audio, maka bisa beriklan di radio baik lokal maupun nasional tergantung dari segmen pasar produk kamu.

Uji Coba dan Analisa Hasilnya
Periklanan bukanlah hal yang sekali dilakukan dan selesai begitu saja. Satu iklan atau metode periklanan bukanlah tiket kamu menuju kesuksesan.

Agar periklanan berhasil untuk bisnis kecil kamu, kamu perlu menguji iklan terus iklanmu dan mengukur hasilnya.

Judul iklan yang menurut menurutmu menarik belum tentu disukai oleh pelanggan. Promo beli satu dapat satu belum tentu sama efektifnya dengan diskon 25% untuk semua produk.