Tips Menulis SEO Friendly

Tips menulis artikel SEO friendly yang pertama, perhatikan Panjang Judul & Artikel
Artikel yang SEO friendly juga harus memperhatikan panjang judul dan panjang artikel itu sendiri. Pastikan panjang judul tidak lebih dari misalnya 60 atau 70 karakter.

Sedangkan panjang artikel minimal 300 kata jika merujuk pada Yoast. Namun, alangkah baiknya jika panjang artikel merujuk pada artikel yang sudah berada di SERP.

Namun, kepadatan kata kunci cenderung akan mengikuti panjang artikel. Semakin panjang artikel, semakin banyak kata kunci yang musti tersebar secara merata dalam artikel.

Secara persentase, kepadatan kata kunci biasanya 2 hingga 4 persen dari panjang artikel. Terlalu sedikit tidak baik dan begitu pun sebaliknya atau malah dianggap spam.

Tips menulis artikel SEO friendly yang keduaPerhatikan Kepadatan Kata Kunci
Menulis artikel SEO friendly akan selalu identik dengan kepadatan kata kunci. Letak kata kunci sendiri paling tidak berada di paragraf awal, tengah dan akhir artikel.

Salah satu tools yang bisa dipakai untuk menganalisis kepadatan kata kunci adalah SEOQuake. Melalui tools tersebut kepadatan kata kunci dan persentasenya akan terlihat.

Gunakan Sub Judul (Optional)
Salah satu fungsi sub judul atau heading dalam artikel SEO friendly adalah sebagai related keyword. Google bisa menempatkan artikel di halaman pertama karena hal tersebut.

Misalnya, sub judul cara menulis artikel SEO dalam artikel apa itu SEO. Ketika ada pengguna mencari kata kunci tersebut, maka artikel juga bisa berada di halaman pertama.

Gunakan Meta Deskripsi
Sebelum Google menempatkan artikel di SERP, Google akan lebih dulu melakukan pengindeksan. Dalam proses pengindeksan tersebut Google akan membaca meta deskripsi.

Tanpa meta deskripsi, Google akan secara acak mengambil kalimat dalam artikel yang cukup relevan dengan kata kunci untuk dipakai sebagai kutipan di SERP nantinya.

Semakin relevan meta deskripsi, maka akan semakin besar kemungkinan artikel akan Google tematkan di halaman pertama. Pastikan kata kunci ada di dalam meta deskripsi.

Google cenderung akan memakai kalimat yang merupakan bagian dari kata kunci sebagai kutipan di SERP. Google juga akan biasanya mengutip numbering atau heading.

Gunakan Kalimat Pendek
Kalimat yang pendek cenderung mudah dipahami ketimbang yang terlalu panjang. Bukan saja oleh pengguna, melainkan juga oleh Google ketika melakukan pengindekskan.

Sama seperti Google, Yoast juga selalu menyarankan untuk membuat kalimat yang pendek ketika menulis artikel SEO friendly. Bahkan memakai kata yang pendek pula.

Seperti misalnya, akan lebih baik jika mengganti kata menggunakan dengan kata memakai. Namun, kuncinya adalah membuat kalimat yang mudah memahami.